Saturday, September 17, 2011

Diabetes Mellitus (penyakit kadar gula tinggi)

DIABETES MELITUS (penyakit kadar gula tinggi)
Saya terkejut ketika melakukan medical chekup beberapa hari yang lalu hasilnya menujukkan ada indikasi gejala diabetes, padahal usia saya masih tergolong muda, dan diprediksi dalam 5 tahun kedepan kalo tidak merubah pola makan, bisa semakin bertambah parah. Berangkat dari situ saya mulai mencari-cari artikel tentang diabetes dan disini akan saya share kan kepada Anda.
Diabetes mellitus merupakan suatu penyakit metabolic yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah, baik itu disebabkan karena tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin maupun karena sel-sel tidak memberikan respon terhadap insulin yang diproduksi. Akibatnya glukosa darah tidak dapat diubah menjadi energy atau dimanfaatkan. Seseorang dikatakan menderita diabetes bila kadar gula darahnya melebihi batas normal (kadar normal gula darah 2 jams etelah makan <140 mg/dl). Selain factor keturunan, keadaan-keadaan seperti kehamilan, operasi, tekanan fisik atau emosi dan kegemukan dapat mendorong munculnya diabetes mellitus. Rusaknya sel-sel pancreas adalh puncak keadaan yang akan menjadi awal dari gagalnya metabolism glukosa dalam tubuh. Kerusakan sel-sel pancreas dapat juga disebabkan oleh serangan radikal bebas ketika kuantitasnya dalam tubuh berlebih.
Klasifikasi penderita diabetes mulai dari tipe 1 dengan kondisi ketergantungan insulin injeksi, tipe2 yang tidak tergantung insulin. Selain itu kategori lain juga didasarkan pada syndrome tertentu seperti penyakit pancreas. Ada juga hanya akrena terganggungnya toleransi glukosa.
Bagi mereka yang berpotensi atau telah mengalami gejala bahkan penderita agar membatasi mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat seperti kue-kue atau makanan ringan dan manisan. Sebaliknya buah dan sayur dangat dianjurkan (tidak untuk buah yang berkalori tinggi).
Dianjurkan diet seimbang dengan kaya vitamin terutama vitamin A non karotin, begitu juga dengan protein, Vitamin B1, B2 dan B12, asam pantotenat, serta konsumsi makanan yang mengandung sedikit kalori namun sering dapat membantu merangsang pembentukan insulin. Mineral yang dibutuhkan adalah seng, krom dan mangan. Selain upaya pengaturan makanan, diet dengan penggunaan obat/insulin, olahraga untuk membakar gula, penggunaan senyawa alami lainnya untuk memperbaiki kondisi pancreas, antioksidan untuk mencegah kerusakan oksidatif lebih lanjut pada pangkreas.

Gejala: gejala diabetes adalah rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, nafsu makan bertambah dan berat badan semakin menurun. Selain itu dapat juga muncul gejala seperti penglihatan kabur, gatal-gatal pada kulit dan luka-luka sulit sembuh.
Produk yang disarankan :
Niwana SOD 3 x 1 = untuk mencegah  kerusakan oksidatif lebih lanjut pada sel pankreas; 
Super Green Food 2 x 5 tab = mengandung protein dan senyawa alami yang dapat membantu regenerasi sel-sel pankreas; 
KK Colostrum 1-2 sachet = membantu memperbaiki metabolisme gula.

Encyclopedia of Diseases and The Solution, KK Indonesia 2011 page 27

No comments:

Post a Comment

Hasil Penelitian Kepemimpinan Gereja

10 Dimensi Kualitas Kepemimpinan yang Berdasarkan Relasi BRC melakukan survei terhadap 1.053 pimpinan gereja di Indonesia, dan berikut adala...