Wednesday, January 25, 2012

Belajar dari BCA

Saya sangat terinspirasi dari BCA tentang berbagai hal. Dikarenakan kegemaran saya membaca maka saya banyak mengetahui tentang sepak terjang bank swasta yang katanya sampai sekarang masih yang terbesar di Indonesia. Artikel ini bukanlah tentang hobi membaca saya hehe but tentang BCA. Dan perlu digaris bawahi saya tidak dibayar BCA untuk menceritakan ini, but memang fenomena ini haruslah kita pelajari.

Yang pertama saya kagumi, BCA adalah Bank yang menciptakan fenomena dalam mengeluarkan produk tabungan yang sangat sensasional, yaitu Tahapan BCA. Kenapa saya sebut sensasional, ini dikarenakan waktu jaman jaman dulu tidak pernah ada sebuah Bank Swasta yang mengeluarkan produk tabungannya dengan iming iming hadiah ratusan juta bahkan milyaran. Nah disini BCA adalah the first, maka jangan heran sampai sekarang BCA merupakan Bank yang paling disegani.

Yang kedua, BCA sangat luar biasa dalam mengimplementasikan teknologi canggih dengan meluncurkan kartu debit BCA dan ATM nya yang heboh. Di sini BCA bukanlah yang pertama, ada Bank Swasta lain yang pertama mengadopsi dan mengedukasi kecanggihan dan benefit dari pemakaian ATM ini. Namun BCA lah yang benar benar berhasil melakukan edukasi secara besar besaran. Sampai sekarang siapa sih yang tidak pernah ke ATM BCA ? Hanya ada dua jawaban saja, yang pertama orang tersebut sudah bertapa di dunia selama 50 tahun dan baru keluar dari pengasingannya hehe, atau yang kedua orang tersebut adalah seorang yg terlahir kaya raya dan mempunyai asisten selusin yang membantunya untuk mengurusi masalah keuangan ini. Sori sedikit mengaco, but it’s true Nowadays every single human being in Indonesia knows ATM BCA.

Nah yang ketiga, lagi lagi BCA yang berhasil mengedukasi pasar untuk mulai aktif menjalankan transaksi keuangan dengan memanfaatkan internet. BCA dengan “ Klik BCA “ nya telah mempermudah jutaan nasabahnya di seluruh Indonesia, termasuk saya. Dengan adanya Internet Banking maka banyak waktu bisa dihemat, Anda bayangkan saja Anda hemat ber macet ria di jalan, ber antri ria di Bank, kecuali Anda hobi untuk ber macet ria dan mau nongkrong di Bank untuk menikmati kecantikan Customer Service BCA nya hehe

Next, BCA juga sangat luar biasa dalam meluncurkan program Mobile Banking. Dengan memanfaatkan kecanggihan Hand Phone jaman sekarang, kita juga bisa bertranksasi ria hanya dengan sebuah Hand Phone di tangan. Seperti ungkapan yang sering dilontarkan oleh seorang senior saya, “ Bank sekarang ada di tangan saya melalui Hand Phone.”

Dan yang terakhir ini yang walaupun bagi beberapa orang adalah hal kecil tetapi bagi saya hal kecil ini banyak mengajarkan kita hikmah kehidupan. Wow apakah itu ??? terkesan sangat puitis, bukan ? Gak usah khawatir, saya bukan penyair lah. Terobosan ini saya kasih nama “ Ilmu kepepet BCA “

Nah Anda sekalian pasti pernah melihat antrian panjang di BCA ? Namun akhir akhir ini saya melihat ada beberapa perubahan di antrian BCA, yaitu ada loket khusus untuk setoran cepat, ada loket untuk transaksi diatas sepuluh juta rupiah dan pelayanan tellernya juga khusus, ada yang khusus pintar berhitung cepat, ada yang khusus pintar melayani nasabah kelas kakap, dll nya.

Tapi ilmu pamungkasnya bukan itu melainkan kursi kursi untuk nasabah duduk yang didepan teller hanyalah disediakan sedikit, beda dengan dulu, kursi kursi nya banyak sekali. Bukan karena BCA tidak sanggup membeli kursi tambahan melainkan sengaja meletakkan kursinya sedikit. Jadi bila nasabah yang nunggu banyak yg berdiri tidak dapat tempat duduk, berarti itu ada sesuatu masalah tentang kecepatan pelayanan ataupun loket teller yang kurang. So kondisi ini sangat memotivasi teller ataupun supervisor tellernya untuk melayani dengan lebih cepat namun tetap memuaskan.

Ilmu pamungkas yang kedua adalah bila dulu kita sering ke BCA dan mendapatkan nomor Antrian untuk ke teller, sekarang Anda jangan mengharapkan dikasih nomor antrian ( sejauh pemantauan saya di BCA di kota saya, kota Medan ) Anda akan dipersilahkan untuk langsung berbaris antri dan bila semakin panjang antrian maka akan semakin memotivasi teller nya untuk melayani lebih cepat dan memuaskan.

Nah The Next Question is Apakah Anda bisa memetik manfaat dari fenomena ini ? Sesuatu hal kecil yang bisa mengubah banyak hal menjadi semakin baik. BCA bukanlah merupakan Bank yang selalu pertama memakai berbagai teknologi canggih namun implementasinya lah yang membuat BCA jaya sampai sekarang.

Soo Bagaimana dengan Anda ? Selamat menciptakan fenomena BCA di lingkungan Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Keep Learning -KISS University of Life-

No comments:

Post a Comment

Hasil Penelitian Kepemimpinan Gereja

10 Dimensi Kualitas Kepemimpinan yang Berdasarkan Relasi BRC melakukan survei terhadap 1.053 pimpinan gereja di Indonesia, dan berikut adala...