Thursday, September 15, 2011

ANEMIA (Kurang Sel Darah Merah)

Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan sel-sel darah merah serta hemoglobin (Hb) sehingga sirkulasi zat dalam tubuh tidak berjalan secara normal. Anemia terjadi karena infeksi yang sering kambuh, sedang menderita penyakit, insektisida yang merusak sumsum tulang belakang, kehilangan darah yang berlebihan, dan factor yang sangat penting adalah kurangnya zat-zat gizi diantaranya Fe, Vitamin E, Asam Folat yang masuk kedalam tubuh.

Anemia difiensi Fe adalah yang paling sering terjadi. Anemia ganas dapat terjadi pada keadaan kekurangan vitamin B12 (baca anemia pernisiosa). Sickle Cell anemia adalah anemia yang disebabkan karena kelainan bentuk sel darah merah (bentuk sabit) sehingga sel darah merah mudah hancur. Bentuk ini dapat menyumbat pembuluh darah organ sehingga dapat menyebabkan kerusakan organ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita anemia jenis ini sangat membutuhkan tambahan asam folat dosis tinggi setiap hari. Penderita lebih baik perbanyak konsumsi sayuran berwarna hijau sebagai sumber zat besi (Fe), Protein, tembaga, asam folat, vitamin B6, B12, B2, Vit E dan Vitamin C.

Gejala : Gejala awal yang sangat mudah dikenali dari kejadian anemia ini adalah rasa pening disaat otak kekurangan oksigen, lesu, mudah lelah, pucat, kuku-kuku rapuh, kehilangan nafsu makan dan sakit di bagian perut.
Produk KK yang Disarankan :
Sangat Baik : SupergreenFood 3 x 5-7 tablet , OGF 1 sendok takar
Baik : Super green Food : 2-3 x 10 tab
Pendukung : KK Minuman Serbuk Kedelai 2 gelas perhari
Sumber : Encyclopedia of Diseases and The Solution, KK Indonesia 2011page05

No comments:

Post a Comment

Hasil Penelitian Kepemimpinan Gereja

10 Dimensi Kualitas Kepemimpinan yang Berdasarkan Relasi BRC melakukan survei terhadap 1.053 pimpinan gereja di Indonesia, dan berikut adala...