Thursday, September 29, 2011

ASAM URAT/ENCOK


ASAM URAT/ENCOK
Encok merupakan gangguan persendian  yang ditandai dengan tingginya kadar asam urat dalam darah, jaringan dan urin. Asam urat ini kemudian mengkristal dan menumpuk pada persendian, khususnya pada jari tangan dan jari kaki, tumit, lutut, tangan, telinga aau sendi di seluruh tubuh dan membuatnya bengkak seperti kutil dan nyeri. Beberapa kasus batu ginjal ternyata merupakan pengkristalan dari asam urat. 90% penderita asam urat adalah pria. Encok terjadi karena adanya gangguan metabolism protein karena mengkonsumsi bahan makanan yang kaya akan purin. Faktor lain yang dapat juga mendorong alaah kegemukan, usia yang bertambah dan diet yang salah. Serangan encok akan kambuh dalam keadaan emosi atau makan berlebihan. Bagi penderita hendaknya memperhatikan diet rendah purin. Ada makanan yang harus dihindari seperti jerohan, daging kambing, babi, bebek, ikan sardine, kerang dan lainnya. Ada juga yang harus dibatasi seperti makanan dari kacang-kacangan. Namun diet rendah purin biasanya juga rendah vit B dan E sehingga harus diimbagi dengan kecukupan vitamin B dan E. Asam urat dapat diuraikan menjadi senyawa yang tidak berbahaya dengan asam pantotenat can vitamin B yang cukup.

Gejala: Serangan gout (arthritis gout akut) terjadi secara mendadak. Nyeri dirasakan oleh penderita pada satu atau beberapa sendi, seringkali terjadi pada malam hari: nyeri semakin memburuk dan tak tertahankan. Sendi membengkak dan kulit diatasnya tampak merah atau keunguan, kencang dan licin, serta terasa hangat. Menyentuh kulit diatas sendi yang terkena bisa menimbulkan nyeri yang luar biasa. Gejala lainnya dari arthritis gout akut adalah demam, mengigil, perasaan tidak enak badan dan denyut jantung yang cepat.
Produk yang disarankan :
Niwana SOD (3x1), Fish Oil+Epo (2x1), KK SInbisu

No comments:

Post a Comment

Hasil Penelitian Kepemimpinan Gereja

10 Dimensi Kualitas Kepemimpinan yang Berdasarkan Relasi BRC melakukan survei terhadap 1.053 pimpinan gereja di Indonesia, dan berikut adala...