Thursday, September 29, 2011

STROKE

STROKE
Stroke terjadi akrena otak kekurangan oksigen akibat terhambatnya pasokan darah menuju otak. Bila suplai darah yang membawa oksigen dan zat-zat makanan terputus selama 8-10 menit saja, maka akan terjadi gangguan fungsi otak. Lebih dari 8 menit saja maka akan terjadi luka yang sulit dipulihkan. Berdasarkan factor penyebabnya stroke dibagi menjadi dua.

Pertama, Stroke nonhemoragik (iskemia) terjadi katika suatu pembuluh darah di dalam otak tersumbat/terhambat alirannya akibat suatu sumbatan/plak. Stro9ke iskemua ada yang ringan dan sedang. Dikatakan ringan kalau serangan hanya sementara dan setelah beberapa menit atau dua hari pulih kembali. Kelainannya  adalah mendadak tangan dan kaki sebelah terasa kurang bertenaga dan kesemutan, dan setelah kurang lebih 15 menit pulih kembali. Untuk tingkat sedang gejala yang dirasakan adalah gangguan syaraf sementara (misalnya mendadak sulit berbicara tapi masih sadar, tangan dan kaki sulit digerakkan selama dua hari). Namun stroke jenis ini perlu diwaspadai karena peluang terjadinya serangan ulangan sangat tinggi dengan dampak yang lebih berat.

Kedua, stroke hemoragik, yaitu pendarahan pada otak yang terjadi disebabkan oleh robek atau pecahnya pembuluh darah akibat tekanan darah yang tinggi dan mendadak, atau karena rapuhnya pembuluh darah akrena penumpukan peroksida lebak dan pengapuran. Bahaya akibat pecahnya pembguluh darah ini akan lebih berat bilai sebagaian sel otak mati karena bisa berakhir dengan kelumpuhan atau kematian.

Penyebab lain serangan stroke adalah kelainan pembuluh darah seperti aneurisma (penggelembungan pembuluh darah 0,5 – 1 cm, akibat lapisan dinding otot pembuluh darahnya lemah) atau arteri venous malformation (AVM), semacam varises pada pembuluh darah otak. Selain itu hipertensi dapat memicu serangan stroke diusia muda. Penyakit dan kondisi yang berkaitan erat dengan stroke diantaranya diabetes, obesitas, merokok, alkoholik dan penuaan.

Pengaturan pola makan penting untuk mencegah dan mengobati stroke. Kurangi makanan tinggi lemak/minyak, makanan manis, garam tinggi. Hindari alcohol, kafein, rokok. Kontrol berat badan dan tekanan darah secara periodik.

Gejala-gejalah Stroke:
1.       Mulut mencong ke kiri/ ke kanan, lidah mencongbila dijulurkan
2.       Bicara pelo/ tidak jelas, sulit menelan
3.       Tubuh baal, kesemutan dn panas seperti terbakar.
4.       Mudah lupa
5.       Mudah tersedak saat makand an minum
6.       Gerakan sulit terkoordinaso, sulit berjalan.
7.       Bicara tidak lancar / patah-patah dan kurang jelas.
8.       Sulit membaca/menulis/menghitung (intelegensi mundur)
9.       Pengelihatan terganggu (rangkap),
10.   Vertigo (rasa berputar)
11.   Mudah menangis dan tertawa
12.   Kelopak mata sulit dibuka
13.   Mendadak pingsan dan koma
14.   Mendadak lumpuh setengah badan

Saran :
1.       Hindari manakan yang berlemak, terlalu asin dan terlalu manis.
2.       Hindari alcohol, rokok dan kafein
3.       Perbanyak konsumsi makanan yang berserat seperti sayuran dan buah-buahan
4.       Kontrok berat badan dan tekanan darah secara teratur plus olahraga secara teratur.

Produk yang disarankan bagi penderita :
Niwana SOD (3x2 sachet), Supergreen Food (2x5 tablet), Fish oil+EPO (2 x1 softgel)
Produk2 tersebut dapat diperoleh di : 085646397274

No comments:

Post a Comment

Hasil Penelitian Kepemimpinan Gereja

10 Dimensi Kualitas Kepemimpinan yang Berdasarkan Relasi BRC melakukan survei terhadap 1.053 pimpinan gereja di Indonesia, dan berikut adala...